Jangan Mau Diajak Susah

September 08, 2021

Aku, mungkin kalian juga familiar dengan kalimat kaum adam yang begini:

“cari istri tuh yang mau diajak susah!”
Kalau cewenya ngga mau?

“dasar, materialistis banvet siih jadi cewe!”

Kalian mau ngga gais sama laki-laki yang mindsetnya begindang? Kalau aku, mon maap. Kaga deh!

Iya kali mak bapak gua merawat, membesarkan dan menyayangi dengan sepenuh hati—udah kayak kecap—pas nikah diajak susah. Udah dari kecil susah, udah nikah masih bae diajak susah. Kaga deh, maaciw.

Tapi...

Beda lagi jika laki-laki yang punya mindset begini:
“cari istri yang mau diajak berjuang”

Nah, kalau begitu gua mau. Susah-susah dulu ngga papa deh, toh dari kecil hidup gua udah terlanjur susah. Lagian nih, kalau tu lakik tipe yang mau berjuang kan ngga mungkin dia biarkan anak bininya kelaparan.

Dulu, segala ujian ekonomi Keluarga adalah hal yang paling aku benci. Maka tak jarang aku mengeluhkan hidup aku. Sekarang insyaAllah, ujian yang terjadi dulu menjadi hal yang paling aku syukuri saat ini. Aku merasa lebih kuat dan lebih tenang ketika diuji dengan hal yang sama. Thanks to Allah...

Makanya aku merasa cukup siap jika menikah nanti dengan laki-laki yang mau berjuang. Langkah hidup  boleh lambat dari kebanyakan orang tapi yang penting jangan pernah berhenti dan tetaplah berjuang.

Dulu aku juga berfikir  belum mau menikah kalau belum mapan, kalau bukan sama laki-laki yang mapan dan tampan. Wkwk
Pertanyaannya, “emang ada yang mau sama elu?”

Ya adalah masa kagak, orang gua cantik begini. Pokoknya bodo amat orang bilang apa, pokoknya aku cantik. Titik! *maksa

Tapi, penting banget emang belajar agama. Aku jadi mengerti kalau persepsi nikah itu mestinya membangun rumah tangga diatas landasan cinta kepada Allah SWT. 

Makanya yang kita butuhkan adalah laki-laki yang mau berjuang. Berjuang dalam artian banyak hal. Yang pertama dan utama membangun ketaatan sama Allah. Kalau hal utama ini udah dibangun, kelar deh. Segala hal remeh temeh soal dunia pasti diberikan kemudahan. Minimal kekuatan lah buat sabar—nahan lapar—hahaha. 

Kalau misalkan menikah dengan laki-laki yang maunya ngajak susah, apalagi Kalau alasannya cinta ya, dalam bayanganku tuh begini:

Misalkan tuh lakik punya pekerjaan tetap. Atau udah cukup baguslah, misalnya. Tiba-tiba pemerintah netapin PPKM selama sebulan dan si lakik terdampak pemberhentian kerja sementara. Syukur – syukur kalau sementara. Kalau langsung di PHK? Syukuri juga lah ya. 

Karena udah terbiasa kerja enak, dia ogah mau nyobain kerjaan yang bukan dibidangnya. Dan dia juga santai bae walaupun stok makanan pokok menipis. Dia tau bininya kaga bisa protes soalnya sebelum nikah udah dibilang kalau dia nyari bini yang mau diajak susah. Jadi bininya mesti terima doooong! 

Meski ngga semua laki-laki begitu. Tapi ini dikhususkan buat laki-laki yang mau mengajak susah bininya supaya jadi alasan dia santai-santai aja meski hidupnya berkesusahan. 

Intinya, mindset. Laki-laki yang baik insyaallah mindsetnya juga baik. Memikirkan hal-hal kecil untuk kedepannya, bukan Cuma mikirin yang enak-enak aja. Standarku dalam memilih suami tadinya yang minimial punya pekerjaan tetaplah. Soalnya aku ngga mau habis nikah melarat hidup gua. 

Tapi ya sekali lagi, sebab belajar lah aku mengerti bahwa uang memang penting. Segalanya butuh uang tapi jangan lupa tak segalanya bisa diukur dengan uang. 

Semakin dewasa kini juga aku berfikir, butuh laki-laki yang cinta sama Allah. Dia punya visi misi untuk mewujudkannya. 

Pada akhirnya memang agama yang menjadi alasan utama kita memilih calon pasangan. 
Milih yang guaaanteng boleh, yang kuaaya banget juga boleh. Tapi yang utama jangan ditinggalkan ya! 

Jiah! Aku ngomong begini kayak yang udah nikah aja. Padahal belom gaiiiis.. Hehe. Cuma ya itu, ikhtiar dalam penantian salah satunya dengan belajar. Dan aku membagikan sediiikit dari yang aku pelajari. 

Semoga bermanfat dan penantian kita dinilai pahala disisi Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin... 







You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

https://www.facebook.com/taramkhan.khan.1

Flickr Images