MANFAAT JURNAL PRIBADI YANG AKAN MERUBAH HIDUPMU

Agustus 16, 2021

Guys! Apa yang kalian fikirkan ketika mendengar menulis jurnal? Jadul? Alay? Lebay? Seupay? “Ngga banget jaman sekarang masih nulis begituan”

Aku pribadi menulis diary dari SD. Dan hobi banget mencurahkan uneg-uneg disana karena berasa lapang dada menyampaikan tanpa berbicara. Tak mesti dari hati ke hati tapi dari hati ke buku saja sudah luar biasa. 

Nah khusus jurnal atau perencanaan, udah lama aku sadar kalau hal ini penting. Kaum rebahan kayak aku butuh perencanaan, tapi sayangnya hal itu baru benar-benar terealisasikan dengan serius selama dua bulan ini. 

Walaupun terkesan baru tapi aku merasakan manfaatnya luar biasa. Merasa lebih bersemangat menjalani hari karena ada target yang sedang aku kejar, dan aku juga merasa lebih bergairah karena ada impian yang aku tuju.

Membuat bullet journal itu tidak mesti muluk-muluk. Yang penting fokus tujuan utama kalian ingin membuat bullet jurnal dulu. Masalah lain seperti nge-doodle, menghias dengan stiker atau dengan apapun  itu nanti saja. Yang penting #MULAIAJADULU dan fokus pada tujuan kalian.

Menulis kegiatan kita setiap harinya sebagian orang mungkin berfikir bahwa betapa terdiktenya hidup kita. Tapi yang akan terjadi adalah kalian akan menyadari bahwa banyak sekali hal-hal kecil yang membuat kalian memiliki kepuasan sendiri ketika kalian menuliskannya dengan detail Bahkan menggunakan tulisan tangan sendiri.

Banyak sekali orang-orang produktif yang menulis jurnal pribadi. Kalian bisa menemukan mereka dimanapun. Seperti instagram atau youtube.
Oke, setelah ini aku akan menjabarkan beberapa manfaat ng-jurnal lebih rinci:

1. Mengurangi dan Terapi Ketika Stres

Tahu tidak? Tak tahu kan?  Wkwk. Menurut peneliti, menuangkan emosi yang memicu kamu stres ke dalam tulisan tangan membantu mengurangi tekanan dan menjadi lebih tenang. Dengan itu akan membantu kamu menghadapi masalah dengan fikiran jernih.

Atau ketika kamu merasa kesepian dan tak punya teman bicara, coba deh kalian baca kembali jurnal harian yang pernah kamu tulis. InsyaAllah itu membantu karena aku merasakannya sendiri.

2. Menyimpan Kenangan

Dengan menulis jurnal berarti kita sedang menyimpan kenangan. Baik itu kenangan baik atau buruk. Ketika kamu flashback dengan membaca kembali jurnal harian maka kita akan menyadari banyak hal yang telah kita lakukan. Yang mungkin saja bakal lupa kalau tidak kita ikat dengan tulisan. Dan yang paling penting kita bisa belajar dan mengevaluasi diri setelah flashback yang dilakukan tadi.

3. Mengurangi Kecanduan HP
Aku pribadi termasuk orang yang sulit lepas dari HP barang semenit pun. Ada saja yang aku lihat baik itu yang bermanfaat bahkan yang tidak bermanfaat sekalipun. Menulis jurnal adalah hal kecil dan mudah yang akan membantumu mengurangi kecanduan benda tipis tersebut. Karena fikiran kita tersita untuk fokus pada jurnal yang sedang kita tulis. 
Walaupun masih juga buka HP buat cari inspirasi mengisi jurnal :D

4. Melatih Disiplin dan Meningkatkan Kecerdasan
Kalau biasanya jadwal harian kita berantakan sehingga ada banyak hal penting yang kita lewati atau kita lupakan. Maka dengan menulis jurnal melatih kita disiplin dengan menempatkan segala sesuatu pada tempat dan waktunya. 
Hal itu juga tanpa sadar mengasah otak kita untum kreatif. Baik dalam mengolah kata, menyalurkan ide, bahkan bersikap kritis terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar kita. 

5. Lebih Percaya Diri
Sadar atau tidak, segala momen terburuk seperti kegagalan, kekecewaan, kesedihan pokoknya segala hal buruk yang kalian tulis di jurnal sudah terlewati. Dan kegiatan menulis kalian akan mempengaruhi kalian lebih percaya diri menghadapi segala tantangan dan kesulitan. Karena kalian pernah mampu melaluinya.

6. Meningkatkan Semangat Meraih Mimpi
Apa mimpi kalian? Jangan ragu buat ditulis ke dalam jurnal. Aku pernah mendengar kalimat motivasi di salah satu chanel youtube seperti ini

“Bermimpi besarlah...jangan ragu. Bermimpi dengan memiliki tujuan.” 

Maksudnya gimana? Begini, sebuah mimpi yang besar tidaklah didapatkan dengan instan. Karenanya, kita harus memiliki tujuan yang jelas dalam mewujudkannya. Seperti proses yang konsisten untuk mendekatkan pada mimpi besar kalian. 
Tulis dan mulailah menaklukkan semua proses dan perencanaan kalian!

Bukan bakat yang membuat seseorang menjadi sukses. Tapi ketekunan, doa serta kerja keraslah yang mampu mewujudkannya.

7. Mendapatkan Penghasilan
Emang bisa? Jelas bisa. Coba kalian fikir, banyak sekali orang-orang yang mendapatkan uang dari hobi yang sering ia lakukan. Nah, dengan terus menulis jurnal pribadi kalian akan semakin mahir. Hal itu bisa kalian bagikan ke youtube, instagram atau artikel yang sedang kalian baca ini. 
Biasanya kalian akan mendapatkan cuannya dari hasil iklan yang dipasang atau sponsor. 

Gimana? Menulis jurnal efeknya luar biasa bukan? Awalnya memang sulit. Tapi percayalah... bisa karena terbiasa.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

https://www.facebook.com/taramkhan.khan.1

Flickr Images